MENDULANG EMAS DIANTARA SEA GAMES DAN FREE PORT

Photobucket
Dalam sebuah acara Stand Up Comedy yang ditayangkan oleh sebuah stasiun televisi swasta, seorang komedian menuturkan kebanggaannya atas prestasi para atlit Indonesia diajang SEA GAMES 2011 yang baru selesai digelar. Dikatakannya, Indonesia telah berhasil mendulang emas terbanyak di ajang tersebut ketimbang emas yang harusnya didapat dari Free Port. Lucu……..

Namun keberhasilan Indonesia dalam SEA GAMES masih menyisakan duka dan kekecewaan atas meninggalnya dua supporter sepakbola dan kekalahan Tim Garuda U23 oleh Malaysia melalui adu penalti. Tetapi itulah olah raga, ada menang dan ada kalah.

Permainan tim asuhan Rahmad Darmawan di babak final perebutan medali emas memang agak mengecewakan. Tanpa mengurangi apresiasi atas usaha dan perjuangan para pemain dan antusiasme supporternya, penampilan Tim Garuda saat itu tidak seperti saat melawan Vietnam di babak semifinal. Pertahanan belakang sering kecolongan dan belum lagi oper-oper bola yang tidak akurat.

Gol pertama yang diciptakan oleh Gunawan merupakan klimaks dari kerja sama tim garuda, setelah itu pertandingan menjadi berbalik ke pihak Malaysia. Tentu ini tidak lepas dari beban para pemain yang ditarget harus menang. Belum lagi jadwal pertandingan yang begitu ketat tidak memberikan kesempatan bagi timnas untuk memperoleh istirahat yang cukup.

Sudah sewajarnya bahwa untuk meraih suatu keberhasilan diperlukan kerjasama semua pihak. Sepakbola adalah gambaran sederhana pentingnya kerjasama untuk menciptakan satu tujuan yaitu GOAL. Bila ditarik ke konteks yang lebih besar dalam kehidupan berbangsa dan negara, maka salah satu tujuan pembentuan negara adalah untuk memakmurkan rakyatnya.

Tak mengherankan apabila para Founding Father kita, menetapkan tujuan bernegara tersebut dalam pembukaan UUD 1945 yang ditindaklanjuti dengan dibuatnya pasal kewajiban negara untuk memakmurkan rakyatnya dengan memanfaatkan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Namun demikian, saat ini peran negara dalam menguasai bumi, air dan kekayaan alam belum mampu mewujudkan kemakmuran rakyatnya secara adil dan merata. Untuk itu diperlukan kerjasama tim yang solid dari para stakeholder agar inti dari penguasaan negara atas kekayaan alam dapat diwujudkan. Kerjasama tim dengan menghilangkan kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan tentu dapat membawa bangsa ini mencapai tujuannya. Jadi, tidak saja emas SEA GAME yang dapat direbut, emas di Free Port pun dapat diraup