RUNTUHNYA GOLDEN GATE INDONESIA

Photobucket
Kemegahan jembatan Sungai Mahakam II Kutai Kertanegara yang diidentikan dengan Golden Gate nya Indonesia akhirnya ambruk seiring runtuhnya konstruksi upper structure yang memakan banyak korban. Orang pun mengaitkan kejadian tersebut dengan dugaan penyimpangan atas pelaksanaan pembangunan jembatan yang mulai dibangun tahun 1995 dan selesai tahun 2001. Dan polisipun dengan sigap menindaklanjuti melalui proses pengumpulan bahan keterangan.


Runtuhnya sebuah jembatan memang tidak hanya terjadi di Indonesia, Amerika sebagai negara maju pun pernah mengalami hal yang sama. Hanya mungkin bedanya, runtuhnya jembatan di Indonesia diikuti dengan munculnya banyak komentar dari mulai pendapat ahli sampai yang hanya jual tampang. Yang berlatar belakang teknik sipil tentu akan meninjau dari perspektif perecanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemeliharaan konstruksi lengkap dengan semua teorinya, sedangkan bagi pengamat korupsi akan melihat dari sisi adanya dugaan korupsi dalam proses pembangunan jembatan, sementara yang dari politisi akan sibuk memanfaatkan kejadian tersebut untuk mencari popularitas demi mengangkat citra.

Ditengah krisis kepercayaan bangsa ini, sulit mencari pendapat yang obyektif. Hampir setiap hari kita disuguhi dengan debat, silang pendapat yang tak ada ujungnya Bukan salah masyarakat bila mereka selalu meragukan pendapat, informasi atau penjelasan dari pejabat institusi bahkan pendapat ahli. Mungkin karena seringnya mereka menyaksikan bahwa informasi yang disampaikan tidak sesuai antara ucapan dengan perbuatan atau kenyataan.

Dalam situasi yang demikian, tindakan kepolisian untuk meminta keterangan dari pihak-pihak terkait haruslah hati-hati. Dalam persepsi masyarakat sudah terbangun imej bahwa runtuhnya jembatan dikarenakan adanya penyimpangan yang berkaitan dengan korupsi, padahal kenyataannya tidaklah selalu demikian. Kadang unsur kelalaian dalam proses pekerjaan dapat menjadi penyebab atau mungkin adanya kondisi lingkungan diluar asumsi perencanaan. Tetapi yang jelas tugas kepolisian haruslah profesional untuk mengungkap hal tersebut, jangan sampai ada korupsi dalam penindakan korupsi.