SOSIALISASI PMPRB ONLINE

Photobucket

Bertempat di Aula Barakat Kantor Pemerintah Kabupaten Banjar, pada tanggal 10 Oktober 2012, telah diadakan sosialisasi Penilaian Mandiri Pelaksaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) berbasis web. Sosialisasi ini sebagai tindak lanjut Launching PMPRB online yang dilakukan oleh Menteri PAN dan RB di Balikpapan pada tanggal 26 September 2012. Sebagai narasumber kegiatan tersebut adalah Inspektur Kabupaten Banjar.  Landasan hukum PMPRB adalah Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 1 tahun 2012 tentang Pedoman PMPRB dan Permen PAN dan RB nomor 31 tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis PMPRB secara online. Di kedua peraturan tersebut menempatkan inspektorat sebagai assesor dalam pelaksanaan reFormasi birokrasi di pemerintah. 

Reformasi Birokrasi adalah sebuah keniscayaan untuk mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik melalui tiga pilar utama yaitu : (1) Penataan Organisasi; (2) Penyempurnaan Proses Bisnis (tata kelola); serta (3) Peningkatan Disiplin dan Manajemen SDM. Grand design Reformasi Birokrasi ini telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010, 

Kualitas tata kelola sebuah organisasi tergantung pada seberapa besar struktur organisasinya memadai untuk mengemban tugas. Dengan kata lain, struktur organisasi harus mencerminkan tujuan utama organisasi dan pada saat bersamaan juga harus fleksibel menanggapi perubahan strategi organisasi. Hal ini juga harus didukung dengan sumber daya aparatur yang memadai. Fungsi aparatur negara harus memiliki keseimbangan antara masalah ketatausahaan dengan kegiatan-kegiatan perencanaan ataupun pengembangan manajemen serta mampu meningkatkan produktivitasnya melalui proses bisnis yang efektif, efisien dan ekonomis. 

Untuk melakukan penilaian atas pelaksanaan reformasi birokrasi pada semua instansi pemerintah yang berjumlah 600, tentu memerlukan sistem penilaian, monitoring dan evaluasi yang handal dan solid dengan dukungan teknologi informasi. PMPRB berbasis online menjadi satu solusi untuk mempermudah penilaian yang diadopsi dari CAF (Common Assesment Framework) dengan beberapa penyesuaian. Model CAF secara metodologis dan praktis telah teruji dan banyak diterapkan pada instansi pemerintah di banyak negara. 

Model Penilaian Mandiri Pelaksanaan RB terdiri atas 2 komponen besar yaitu : 1) Pengungkit (enablers) dan 2). Hasil (result). PMPRB online memastikan dan menghubungkan pencapaian kinerja pada level instansional (K/L dan pemda) dengan pencapaian target RB Nasional 2014. Indikator dan target RB sampai tahun 2014 Adalah sebagai berikut :