STUDI BANDING DARI INSPEKTORAT KABUPATEN BALANGAN

 photo balangan.gif
Studi Banding (comparison study) adalah sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk maksud peningkatan mutu, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lan. 

Pada hari Rabu tanggal 26 Juni 2013, Inspektorat Kabupaten Banjar menerima kunjungan dari rekan-rekan Inspektorat Kabupaten Balangan dalam rangka kegiatan studi banding yang dipimpin oleh Drs. Sutikno selaku sekretaris Inspektorat Kabupaten Balangan. Rombongan diterima oleh Inspektur Kabupaten Banjar di Ruang Aula Kantor Inspektorat Kabupaten Banjar. Pada intinya, kegiatan studi banding dimaksudkan untuk berbagi pengalaman dan tukar menukar pendapat antar kedua instansi pengawasan tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) melalui perbaikan sistem dan sumber daya aparaturnya. 

Kabupaten Balangan merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara yang terletak di bagian utara Provinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan letak geografis, maka kabupaten Balangan cukup strategis karena dilalui lintas trans Kalimantan dan berpeluang besar untuk berkembang menjadi kota persinggahan bagi perjalanan dari Banjarmasin ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. 

Karakteristik organisasi pemerintah Kabupaten Balangan tidak berbeda dengan Kabupaten Banjar, sehingga program kerja pengawasan tahunan dari Inspektorat Balangan juga memiliki kesamaan dengan Inspektorat Kabupaten Banjar. Selain itu, landasan hukum untuk kegiatan pengawasan juga bersumber pada peraturan yang sama pula. Namun demikian, interpretasi dan implementasi atas produk-produk peraturan tersebut yang seringkali berbeda. 

Berbagi pengalaman antara Inspektorat Kabupaten Banjar dan Inspektorat Kabupaten Balangan dalam mengimplementasikan peraturan perundang-undangan melalui kegiatan studi banding, telah memberikan wawasan baru bagi kedua instansi pengawas atas kelemahan dan kelebihan dari kebijakan-kebijakan yang dibuat selama ini. Tentunya hal tersebut menjadi pengalaman penting untuk diambil pelajaran dalam rangka perbaikan kedepan