WORKSHOP PENGISIAN PMPRB ONLINE

 photo PMPRBonline.gif
Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional 2010 -2014 sebagai implementasi periode 5 tahunan atas Undang Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional 2005 – 2025 menempatkan Reformasi Birokrasi sebagai prioritas pertama dari 10 priotitas pembangunan lainnya. Reformasi Birokrasi (RB) penting dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata pemerintahan yang baik dengan menitikberatkan pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan pemberantasan korupsi secara komprehensip yang melibatkan semua penanggung gugat. 

RB pada awalnya hanya meliputi 3 area perubahan seperti diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permen PAN) Nomor 15 tahun 2007 yaitu penataan kembali organisasi dan tatalaksana dalam menghadapi tuntutan kepentingan masyarakat yang semain banyak, serta peningkatan kompetensi, integritas dan penguatan etos kerja sumber daya aparatur pemerintah. Seiring waktu, 3 area perubahan dikembangkan lagi menjadi 8 area perubahan berdasarkan Permen PAN dan RB Nomor 20 tahun 2010 yang meliputi Kelembagaan ; Ketatalaksanaan ; Peraturan Perundangan ; SDMA aparatur ; Pengawasan ; Akuntabilitas ; Pelayanan Publik ; Perubahan Pola Pikir (mindset) dan Budaya Kerja (cultural set). 

Meski menjadi prioritas pembangunan, RB ternyata belum tergarap secara maksimal. Oleh karena itu, untuk menilai perkembangan pelaksanaan RB dan sejauh mana telah dilakukan upaya-upaya perbaikan, maka Kementerian PAN dan RB telah menerbitkan dua peraturan yaitu Permen PAN RB Nomor 1 Tahun 2012 tentang Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dan Permen PAN RB Nomor 31 Tahun 2012 tentang PMPRB online. 

PMPRB online adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan bagi instasi pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menilai sendiri pelaksanaa RB di instansinya masing-masing. Materi tersebut disampaikan oleh Inspektur Kabupaten Banjar dalam kegiatan cara pengisian PMPRB online di Aula Barakat Pemerintah Kabupaten Banjar pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2013 yang diikuti oleh para sekretaris SKPD selaku assesor, kasubag umum kepeawaian dan dibantu dengan satu tenaga operator. 

Tujuan pengisian PMPRB online tersebut dimaksudkan untuk memudahkan Pemerintah kabupaten Banjar dalam menyediakan informasi mengenai perkembangan dan perbaikan pelaksanaan RB masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Banjar ; menyediakan data maupun informasi bagi Pemkab Banjar dalam menyusun Profil RB di daerah ; menyediakan data dan informasi bagi Kemen PAN dan RB dalam menyusun Profil RB Nasional. 

Selanjutnya menjadi komitmen bersama bagi SKPD untuk segera melakukan pengisian PMPRB online yang meliputi penilaian mandiri pengungkit, penilaian mandiri hasil dan memasukan data rencana perbaikan dalam waktu sesegera mungkin. Apabila menemui hambatan, maka Inspektorat Kabupaten Banjar siap mendampingi demi kelancaran pengisian PMPRB online tersebut.