EKSPOSE THP

 photo ekspose-1.gif
Sesuai Standart Operating Procedured (SOP) yang diatur dalam Keputusan Inspektur Kabupaten Banjar Nomor 36 tahun 2011 tentang Sistem dan Prosedur Pelaksanaan Program dan Kegiatan di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar, maka menjadi kewajiban bagi tim pemeriksa untuk melaksanakan ekspose atas Temuan Hasil Pemeriksaan (THP) sebelum disusun Pokok Pokok Hasil Pemeriksaan (P2HP) dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

Pelaksanaan espose sangat penting dalam meningkatkan kualitas hasil pemeriksaan melalui uji temuan oleh para Pejabat Fungsional Auditor (PFA), Pejabat Pengawas Pemerintah (P2) dan para pejabat struktural yang terkait langsung dengan hasil pemeriksaan seperti Kasubag program dan keuangan yang telah melakukan pemeriksaan pendahuluan dan Kasubag Evaluasi dan Pelaporan yang nantinya bertugas untuk mengevaluasi proses Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) dari obyek terperiksa (obrik). 

Melalui kegiatan ekspose THP, terjadi interaksi positif dan memperkaya materi hasil pemeriksaan karena adanya masukan dan pertimbangan dari semua pejabat yang terlibat dan sekaligus menjadi sarana pembelajaran bagi para tim pemeriksa. Sesuai dengan jadwal Program kerja Pengawasan Tahunan (PKPT), pada hari Selasa tanggal 3 September 2012 pelaksanaan ekspose disampaikan oleh Tim pemeriksa dari Inspektur Pembantu Wilayah IV yang dipimpin oleh Ketua Tim Drs. H. Nuzuliman, MAP. 

Beberapa materi penting yang dipaparkan adalah Penata usahaan asset dan komitmen Inspektorat untuk mengawal kebijakan daerah dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya berkaitan dengan kewajiban Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyetorkan pajak Daerah dari belanja yang dilakukan.