BERSAMA MENJAGA LINGKUNGAN

 photo gotongroyong-1.gif
Sebagai sebuah instansi pemerintah, kewajiban Inspektorat Kabupaten Banjar bukan sekedar melakukan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintah, tetapi juga mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya. Atas tanggungjawab tersebut, maka pada hari Jumat tanggal 20 September 2013 seluruh pegawai Inspektorat dari Inspektur, pejabat strukturat dan pejabat fungsional melakukan kegiatan gotong royong untuk kebersihan dan keasrian lingkungan kantor. Selain sebagai wujud atas kepedulian lingkungan, Kegiatan gotong royong tersebut juga untuk menjalin sebuah kebersamaan dan sebagai komitmen bagi aparat inspektorat yang tidak hanya bisa melakukan pengawasan tetapi juga "mau" memungut sampah yang berserakan, mencabut rumput dan pekerjaan kasar lainnya. 

Menjaga kebersihan lingkungan pada dasarnya adalah nilai yang harus dilakukan oleh setiap orang khususnya umat islam sesuai yang diajarkan oleh Nabi. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Problem tentang kebersihan lingkungan yang tidak kondusif dikarenakan kita cenderung mengabaikan nilai dan lebih banyak fokus terhadap simbolisasi agama dengan segala iming-iming pahalanya. 

Padahal nilai atas kewajiban untuk melaksanakan perintah atau menjauhi larangan Allah sesungguhnya adalah untuk kebaikan manusia itu sendiri, seperti kewajiban menjaga kebersihan lingkungan mempunyai dampak untuk  mengurangi terjadinya masalah penyakit yang disebabkan oleh buruknya kondisi lingkungan. 

Bagi aparat Inspektorat Kabupaten Banjar, menjaga kebersihan dapat membawa rasa nyaman dengan keasrian lingkungan yang sedap dipandang mata dan diharapkan mampu meningkatkan produktifitas kerja inspektorat.