PENGAWASAN ASPEK ORGANISASI

 photo eksposepakiriansyah.gif
Inspektorat Kabupaten Banjar yang bertanggungjawab langsung kepada Bupati Banjar dalam melaksanakan tugas pengawasan intern di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap pengelolaan keuangan, pengelolaan aset, sumber daya aparatur dan organisasi. Pengawasan intern tersebut meliputi proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik. 

Setiap organisasi harus mempunyai tujuan baik jangka panjang, jangka menengah maupun jangka pendek. Penetapan tujuan ini sangat penting, baik sebagai arah organisasi maupun untuk mengukur keberhasilan organisasi. Untuk itu dalam melakukan perencanaan pengawasan, Inspektorat Kabupaten Banjar selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Pemkab. Banjar harus mempertimbangkan tujuan organisasi berdasarkan skala prioritas kegiatan yang mempunyai risiko terbesar. 

Dengan alasan tersebut, maka pada hari Senin tanggal 23 September 2013 dilakukan Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) di Aula Inspektorat Kabupaten Banjar dengan narasumber dari Pejabat Fungsional Auditor (PFA) Drs. H. Iriansyah dengan materi Pengawasan atas aspek organisasi dan tupoksi. Melalui pengenalan akan karakteristik organisasi pada setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar, maka dapat diinventarisir kelemahan-kelemahan yang mungkin akan mengganggu organisasi SKPD dalam mencapai tujuannya. Untuk menguji efektifitas organisasi dilakukan dengan Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) maupun Sistem Pengendalaian Intern (SPI).