JUMAT HIJAU

 photo jumathijau.gif
Kosong. Meskipun hari kerja, tetapi tidak ada satupun terlihat kendaraan bermotor PNS baik roda dua maupun empat di tempat parkir kantor Inspektorat Kabupaten Banjar. Hari Jumat, menjadi salah satu kegiatan dari program menuju Kantor Inspektorat Hijau seperti diatur dalam Keputusan Inspektur Kabupaten Banjar Nomor 28 tahun 2013. Pada hari itu, semua alat transportasi berbahan bakar minyak tidak diperbolehkan untuk memasuki area kantor inspektorat atau disebut JUMAT HIJAU. Hal ini dimaksudkan agar ruang terbuka di sekitar kantor terbebas dari polusi sehingga memberikan kesempatan pada tubuh dan vegetasi untuk menghirup udara bersih dan segar yang untuk saat ini menjadi kebutuhan langka di dapatkan seiring dengan pertumbuhan industri otomotif. 

Kendaraan ber-BBM menghasilkan senyawa-senyawa seperti CO (karbon monoksida), HC (hidro karbon), TSP (debu), NOx (oksida-oksida nitrogen) dan Sox (oksida-oksida sulfur) serta timbal (Lead). Senyawa-senyawa tersebut apabila masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti iritasi mata, ISPA, rasa nyeri karena bereaksinya Oksida sulfur dengan cairan tubuh menjadi asam sulfat. Bahkan untuk unsur timbal dapat menyebabkan penurunan tingkat kecerdasan atau IQ. 

Polusi kendaraan ber-BBM juga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Dampak polusi terhadap vegetasi menyebabkan gangguan pertumbuhan dan kerentanan penyakit seperti klorosis, nekrosis dan timbulnya bintik-bintik hitam yang dapat menghambat proses fotosistesis. Bukan itu saja, senyawa SO2 dan NO2 apabila bersenyawa dengan butiran air hujan akan menurunkan PH atau biasa disebut hujan asam sehingga mempengaruhi kualitas air di permukaan. 

Sementara CO2 yang masuk ke lapisan troposfir mengakibatkan fenomena pemanasan global (global warming) yang berdampak pada peningkatan suhu rata-rata bumi dan perubahan iklim regional dan global. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Banjar dengan menetapkan kebijakan Jumat Hijau adalah hal yang wajar. Meskipun kebijiakan tersebut hanya sebuah langkah kecil, tetapi menjadi wujud kepedulian inspektorat terhadap lingkungan. 

Kosong ditempat parkir bukan berarti tidak ada PNS yang bekerja. Mengawali hari jumat, mereka ramai-ramai membersihkan halaman kantor agar tetap terlihat asri dan juga untuk menumbuhkan rasa memiliki serta peduli.