IMPLEMENTASI KEPBUP 740/2013

 photo PERBUP740.gif
Dengan diterbitkannya Keputusan Bupati Banjar Nomor 740 Tahun 2013 tentang Penetapan Kantor Inspektorat Kabupaten Banjar sebagai Kantor Hijau atau Green Office, maka menjadi kewajiban bagi seluruh jajaran pegawai Inspektorat Kabupaten Banjar untuk melaksanakannya. Langkah yang dilakukan untuk mengimplementasikan keputusan tersebut adalah membangun infrastruktur baik fisik maupun peraturan pelaksanaannya. Dengan dukungan Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar, telah terbangun Ruang Terbuka Hijau di area terbuka kantor. Kemudian sebagian Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut, dimanfaatkan untuk menempatkan Ruang Kerja Hijau (RKH) yang di desain mengikuti ketentuan dalam konsep green office dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Untuk mengoptimalkan infrastruktur fisik dalam mendukung pelaksanaan Keputusan Bupati Banjar, maka ditetapkan program menuju Kantor Inspektorat Banjar Hijau atau Green Office melalui Keputusan Inspektur Kabupaten Banjar Nomor 28 Tahun 2013. Adapun poin-poin penting dalam keputusan tersebut adalah : 

Pertama program pengurangan penggunaan konsumsi lstrik yang bersumber dari PLN melalui penunjukan Petugas hijau atau green officers (GO’s) yang bertugas melakukan pengendalian pemanfaatan energi di RTH dan ruang Kantor Inspektorat serta memaksimalkan pemanfaatan energi solar cell yang telah terpasang di RKH untuk mengoperasikan peralatan kantor. 

Kedua dengan menjaga kebersihan udara melalui larangan merokok di dalam gedung kantor dan menetapkan hari Jumat sebagai Hari Hijau yang pada hari itu melarang siapapun menggunakan alat transportasi berbahan bakar minyak untuk masuk ke area kantor Inspektorat Kabupaten Banjar. 

Ketiga adalah pengelolaan limbah dengan melakukan pemisahan sampah berdasarkan jenis yaitu organik (sampah basah), sampah kering dan sampah berbahaya serta memaksimalkan penggunaan kertas dengan memanfaatkan kembali kertas bekas pakai. Keputusan Bupati 740 tahun 2013 memang sejalan dengan prinsip kerja inspektorat yang selalu berpegang pada efektifitas dan efisiensi setiap kegiatan yang dilaksanakan.