MENGUPAS PERAN JFT

 photo STUBANBJBR.gif
Hari kamis tanggal 19 Desember 2013, Inspektorat Kabupaten Banjar mendapat kunjungan tetangga sebelah rumah, Inspektorat Kota Banjarbaru. Dengan dipimpin oleh Inspektur Pembantu Wilayah II beserta para Pejabat Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah (P2UPD) di lingkungan Inspektorat Kota Banjarbaru, rombongan tersebut diterima langsung oleh Inspektur Kabupaten Banjar yang didampingi oleh Yusriansyah SE selaku Koordinator Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Diana Hakimah, ST, M.Si selaku Pejabat P2UPD Muda. Adapun maksud kunjungan Inspektorat Kota Banjarbaru adalah ingin berbagi pengalaman tentang peran Jabatan Fungsional Tertentu.

Dalam kesempatan tersebut, terlebih dahulu Inspektur menyampaikan tentang adanya JFT baru yaitu Auditor kepegawaian di Inspektorat Kabupaten Banjar. Hal tersebut penting disampaikan mengingat sampai sekarang hanya Kabupaten Banjar yang telah memiliki Jabatan Fungsional Auditor Kepegawaian (JFAK). Keberadaan JFAK secara otomatis berpengaruh pada peran JFT yang lain dalam melaksanakan fungsi pengawasan. Oleh karena itu, perlu diatur sebuah SOP yang mampu mengakomodasi semua peran JFT yang ada di Inspektorat Kabupaten Banjar. 

Saat ini Inspektorat Kabupaten Banjar sedang membangun landasan aturan untuk menjadi pedoman operasional APIP Kabupaten Banjar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Aturan tersebut bertujuan untuk mengisi kekosongan aturan yang belum dipersiapkan pemerintah untuk menaungi JFT dalam melaksanakan pengawasan secara komprehensip tanpa terjadi tumpang tindih. Peraturan yang ada sementara ini hanya bersifat parsial untuk para JFT yang dikeluarkan oleh masing-masing instansi pembina. 

Pimpinan rombongan Inspektorat Kota Banjarbaru sangat mengapresiasi penjelasan inspektur, hal-hal yang disampaikan Inspektur Kabupaten Banjar akan disampaikan kepada Inspektur Kota Banjarbaru untuk menjdi pertimbangan dan dapat dikaji penerapannya di Kota Banjarbaru, tentunya hal tersebut harus didukung oleh komitmen semuanya. Demikian disampaikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah II selaku pimpinan rombongan. 

Menutup kunjungannya, bersama-sama mereka melihat keberadaan ruang kerja hijau yang merupakan salah satu program Inspektorat Kabupaten Banjar menuju Kantor Hijau (Green Office) sebagai pelaksanaan amanat Keputusan Bupati Banjar Nomor 740 Tahun 2013.