PENILAIAN DWP UNIT INSPEKTORAT

 photo DWP.gifDharma Wanita Persatuan (DWP) adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Pegawai Negeri Sipil RI dengan kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya yang mandiri dantidak terikat pada partai politik mana pun. Tujuan organisasi Dharma Wanita Persatuan adalah terwujudnya kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota, untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Meski keberadaan DWP di berbagai instansi pemerintah pusat maupun daerah memiliki maksud dan tujuan yang sama, tetapi program dan kegiatan yang dikembangkan berbeda-beda.


Demikian juga di DWP Unit Inspektorat Kabupaten Banjar yang diketuai oleh Hj. Nany Imam Suharjo, ditengah kesibukannya sebagai kasubag program di Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar masih berusaha menyempatkan diri untuk mewujudkan program dan kgiatannya bersama dengan anggota DWP lainnya.

Melalui visi "Menjadi organisasi istri pegawai negeri sipil yang kukuh bersatu dan mandiri" dan misi "Mensejahterakan anggota melalui bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya secara demokratis", DWP Inspektorat mengembangkan program dan kegiatannya secara mandiri yang dibiayai melalui iuran anggota dan usaha Kantin Islami. Salah satu kegiatan yang juga mendukung penerapan kantor Inspektorat Kabupaten Banjar sebagai Kantor Hijau (Green office) sesuai amanat Keputusan Bupati 740/2013 adalah pemanfaatan ssampah plastik menjadi sebuah hasil kerajinan tangan.  

Atas kegiatan DWP di unit-unit SKPD, pada hari Rabu tanggal 19 Maret 2014 DWP Kabupaten Banjar melakukan penilaian dan salah satunya di DWP unit Inspektorat Kabupaten Banjar. Penilaian meliputi kelengkapan sekretariat Dharma wanita, administrasi surat menyurat, serta dokumen visi, misi beserta program dan kegiatannya. Tentu evaluasi ini sangat penting untuk mengukur keberadaan DWP, tetapi secara hakiki keberadaan isteri PNS adalah mendukung kinerja suami bukan malah membebani dengan banyak kegiatan yang semakin menjauhkan peran isteri ditengan keluarga yang notabene bertentangan dengan maksud dan tujuan DWP itu sendiri.

Memperhatikan nilai hakiki tersebut, ketua DWP unit Inspektorat Kabupaten Banjar mengedepankan pendekatan sukarela kepada anggota dalam mengikuti kegiatan DWP, dianjurkan untuk lebih mengutamakan kepentingan keluarga daripada kegiatan apapun. Isteri sekaligus ibu harus selalu hadir di tengah keluarga seperti pohon rindang yang menaungi dengan kasih sayangnya. Mawaddah wa rahmah.