MEMBERI NILAI TAMBAH SAMPAH

 photo KEGIATANDWP.gif
Komitmen untuk meng-implementasikan Keputusan Bupati Banjar Nomo 740 Tahun 2013 tentang Penetapan Kantor Inspektorat Kabupaten Banjar sebagai Kantor Hijau atau Green Office bukan hanya dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar, tetapi juga pada Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Inspektorat Kabupaten Banjar. Untuk mendukung program kantor hijau, dalam pertemuan rutin bulanan ibu-ibu DWP diisi dengan kegiatan memberi nilai tambah pada sampah. Kegiatan ini mencoba mendorong minat para istri ASN untuk mengembangkan kreatifitasnya dengan memanfaatkan limbah tak terpakai seperti kertas koran, kotak susu, gelas plastik bekas minuman menjadi hasil karya tangan yang mempunyai nilai ekonomis.

Ditengah kesibukan menjalankan profesi masing-masing pengurus dan anggota DWP unit Inspektorat Kabupaten Banjar, masih mampu menyempatkan untuk melaksanakan pertemuan rutin setiap bulannya. Tetapi tak selalu kuantitas yang menentukan,  kualitas sering kali lebih efektif untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. 

Salah satu hasil kreasi pemberian nilai tambah sampah adalah pembuatan tas dari lingkar pengaku bekas tutup gelas plastik minuman anak-anak yang dibuat dengan cara :

  1. Lepaskan penutup gelas plastik bekas minuman anak anak yang pernuh warna warni
  2. Potong lingkar pengaku dari tutup gelas plastik
  3. Ikat satu persatu lingkar pengaku dengan benang warna warni sehingga membentuk tas. Semakin rapat rangkaian pengaku tersebut akan menghasilkan motif yang semakin baik dan lebih kuat
  4. Tas dapat dilengkapi tali dari selang plastik bekas
  5. Untuk lebih mempercantik berikan variasi dengan menempel bunga-bunga plastik