NARASUMBER BANUA BAPADAH


Dalam menggali informasi dari narasumber, kontributor Majalah Banua Bapadah yang diterbitkan oleh BPKP Perwakilan Kalimantan Selatan yaitu Sariyanto, Ali dan Ikhsan bertandang ke kantor Inspektorat Kabupaten Banjar untuk berbincang dengan Inspektur. Materi yang dibahas untuk satu rubrik di majalah Banua Bapadah berkisar tentang fungsi inspektorat sebagai counsulting dan quality assurance. Dengan kualifikasi sebagai auditor BPKP, konfirmasi-konfirmasi tajam dari para kontributor untuk memperjelas keterangan inspektur dilakukan secara santai dan informal bernuansa green dari ruang kerja hijau milik Inspektorat Kabupaten Banjar.
  

Seperti di jelaskan oleh Inspektur, bahwa Inspektorat sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah mempunyai peran penting dalam Sistem Pengendalian Intern seperti diamanatkan dalam PP 60 tahun 2008 khususnya pasal 11, pertama memberikan keyakinan yang memadai (quality assurance) atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah. Kedua, memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah (early warning system dan counsulting).

Untuk melaksanakan peran-peran tersebut, berbagai program kegiatan telah disusun. Peran quality assurance tidak lagi dilaksanakan hanya pada akhir pelaksanaan anggaran melalui reviu keuangan, cash opname dan stock opname, tetapi dilakukan semenjak perencanaan melalui reviu  Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA). Reviu RKA untuk menilai ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektifitas dalam pencapaian target kinerja dalam Rencana stratejik dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). 

Sementara peran early warning system  dan counsulting dilakukan melalui Program Kerja Pemeriksanaan Tahunan (PKPT). Untuk Peran counsulting selain dengan melakukan sosialisasi melalui berbagai media dan narasumber bimtek, juga  dilakukan secara face to face  dari masing-masing Inspektur Pembantu dengan wilayah pembinaannya.

Disamping itu, fungsi inspektorat yang lain adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui tindak lanjut atas pengaduan masyarakat. Media yang disediakan oleh Inspektorat Kabupaten Banjar untuk menerima pengaduan yang diampaikan secara langsung dengan kotak surat pengaduan di kantor Inspektorat, selain itu juga bisa melalui web inspektorat pada menu whistleblowers atau ke lamat email pengaduan.inspektoratbanjar@gmail.com. Tentunya untuk menjaga komitmen bersama, setiap pengaduan harus dilengkapi dengan identitas yang jelas dan materi pengaduannya.