ENTRY - EXIT BRIEFING


Salah satu tujuan jangka memengah sebagaimana tertuang dalam rencana strategis Inspektorat Kabupaten Banjar tahun 2011-2015 adalah tersajinya standar pemeriksaan yang aplikatif sehingga mudah digunakan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan pengawasaan. Praktik-praktik yang telah berlangsung di Inspektorat Kabupaten Banjar perlu distandarisasi dan didokumentasikan agar menjadi acuan bagi Aparat Pengawasan dalam menjalankankan tugas dan fungsinya serta menjamin keberlangsungan implementasinya, meski terjadi transisi kepemimpinan pada Inspektorat Kabupaten Banjar. Untuk menuju kepada standarisasi pelaksanaan pemeriksaan perlu dibuat terlebih dahulu sistem manual terstandar atau semacam Standard Operating Procedures (SOP) sehingga dapat dipahami oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya. 

Salah satu SOP yang telah ditetapan dalam Keputusan Inspektur Kabupaten Banjar Nomor 33 Tahun 2013 adalah SOP tentang pemeriksaan reguler. Dalam flowchart SOP, proses pemeriksaan reguler mengharuskan tim pengawas Inspektorat Kabupaten Banjar untuk melakukan entry briefing dan mengakhirinya dengan exit briefing. Entry briefing dimaksudkan agar tim pemeriksa yang dalam hal ini diwakili oleh ketua tim dapat menyampaikan maksud dan tujuan pemeriksaan serta penerapan kode etik yang berlaku di Inspektorat Kabupaten Banjar berkaitan dengan apa yang harus dilakukan dan dilarang dalam proses pemeriksaan kepada obyek terperiksa (obrik).  

Sementara itu, exit briefing bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada ketua tim menyampaikan Pokok Pokok Hasil Pemeriksaan (P2HP) kepada obrik dan pihak-pihak terkait sehubungan dengan temuan hasil pemeriksaan yang sudah terkonfirmasi oleh penanggungjawab kegiatan. Pada proses ini, obrik masih diberi kesempatan untuk mengklarifikasi dan meminta penjelasan atas temuan dan selanjutnya menjadi kewajiban obrik untuk menindaklanjutinya.

Memenuhi kewajiban SOP tersebut, para tim pemeriksa yang diketuai oleh masing-masing Inspektur Pembantu Wilayah melakukan kegiatan entry maupun exit briefing di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar yang menjadi obrik pada setiap bulan berdasarkan Program Kerja Pemeriksaan Tahunan (PKPT) tahun 2014