INSPEKTORAT BANJAR DI MATA DELI SERDANG

 photo DELI SERDANG.gifSebagai upaya percepatan pencapaian pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Deli Serdang, perlu terobosan-terobosan pada berbagai sektor strategis. Oleh karenanya, melalui kegiatan studi banding dimaksudkan dapat diperoleh pengalaman (best practice) dan informasi baru yang dapat diterapkan di Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Demikian harapan yang diinginkan oleh Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars dalam kesempatan berkunjung ke Kantor Inspektorat Kabupaten Banjar pada hari Kamis tanggal 21 Maret 2014 dalam rangka studi banding ke Pemerintah Kabupaten Banjar. 

Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu dari 25 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam dan budaya dari berbagai suku bangsa yang tinggal didalamnya. Hal ini menjadi potensi investasi cukup menjanjikan. Bandar udara baru untuk kota Medan yang menggantikan Polonia, Bandara Kuala Namu, sebenarnya terletak di kabupaten ini. 

Deli Serdang berasal dari dua wilayah yang disebut Kabupaten Deli dan Serdang dengan pusat pemerintahan di Kota Medan. Sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, wilayah ini terdiri dari dua pemerintahan yang berbentuk kerajaan (kesultanan) yaitu Kesultanan Deli berpusat di Kota Medan, dan Kesultanan Serdang berpusat di Perbaungan. 

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, rombongan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang dipimpin oleh Wakil Bupati langsung mendapat berbagai informasi dari Inspektur Kabupaten Banjar berkaitan dengan pelaksanaan konsep green office

Ternyata ketertarikan Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars bukan hanya green office sebagai sebuah inovasi, tetapi juga tentang tata kelola pengawasan dari Inspektorat Kabupaten Banjar selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan penerapan Area Bebas Suap (ABS). 

Pada akhir kunjungannya, Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars akan memerintahkan Inspektorat Kabupaten Deli Serdang yang kebetulan tidak ikut dalam rombongan untuk mengunjungi Inspektorat Kabupaten Banjar dalam mendalami tata kelola pengawasan. Baru di Inspektorat Kabupaten Banjar ini ditemukan Area Bebas Suap, biasanya yang ada Area Bebas Rokok, canda Wabup Deli Serdang.