MENGENAL TATA LINGKUNGAN INSPEKTORAT

Gedung perkantoran tidak selalu identik dengan bangunan beton yang ditutup dengan dinding-dinding pasangan batu bata, tetapi bisa juga ditampilkan dalam bentuk ruang terbuka tanpa partisi sehingga penggunanya dapat langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya baik itu pencahayaan matahari, udara dan keanekaragaman hayati. Desain kantor yang demikian ini tentu tidak harus menghabiskan anggaran yang besar, sehingga sangat menghemat dan cocok untuk diterapkan pada instansi pemerintah yang memiliki keterbatasan anggaran. Demikian halnya dengan Inspektorat Kabupaten Banjar, kebijakan alokasi anggaran yang disediakan tentu akan dimaksimalkan untuk melakasanakan tugas pokok dan fungsi guna mencapai target-target kinerja yang telah ditetapkan, sementara untuk kegiatan pendukung perkantoran di upayakan seminimal mungkin. 


Oleh karena itu pemanfaatan konsep ruang kerja hijau di Kantor Inspektorat Kabupaten Banjar mampu mengurangi belanja-belanja pendukung. Demikian disampaikan oleh Inspektur saat menyambut peserta studi banding dari Kabupaten Kotawaringan Timur (Kotim). Kehadiran para penanggunggugat lingkungan dari Kabupaten Kotim termasuk Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Kepala Bagian Umum Setda Kotim di Kantor Inspektorat adalah dalam rangka mengenal tata lingkungan di inspektorat. 

Saat ini Kabupaten Kotim sudah 4 (empat) kali menerima Piala Adipura, sementara Kabupaten Banjar yang baru mendapatkan 2 (dua) kali Adipura namun langsung sukses memperoleh Adipura Kencana. Keberhasilan yang luar biasa inilah yang ingin dipelajari oleh Kabupaten Kotim agar juga bisa seperti Kabupaten Banjar yang telah menerima penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup. 

Adipura Kencana tidak bisa diraih hanya dengan kebersihan, tetapi harus ada inovasi di bidang lingkungan. Inovasi tak harus dengan biaya yang besar, tetapi dengan anggaran kecilpun dapat diwujudkan. Yang terpenting ada komitmen pimpinan, aparat dan masyarakatnya. Bagi Inspektorat, komitmen Bupati Banjar terlihat dengan ditetapkannya Kantor Inspektorat sebagai Kantor Hijau melalui Keputusan Bupati Banjar Nomor 740 Tahun 2013. 

Mengakhiri kunjungan, Inspektur Kabupaten Banjar menyerahkan copy Keputusan Bupati Banjar Nomor 740 tahun 2013 tentang Penetapan Kantor Inspektorat kabupaten Banjar sebagai Kantor Hijau (Green Office) dan Keputusan Inspektur Kabupaten Banjar Nomor 28 Tahun 2013 tentang Program Menuju Kantor Inspektorat Hijau (Green Office) kepada bapak Suparman, SH, MSM selaku Kepala BLH Kabupaten Kotim