MENGUKUR KINERJA INSPEKTORAT

Senin tanggal 29 September 2014, Pemerintah Kabupaten Banjar menerima 70 aparat sipil negara Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang melakukan studi banding berkaitan dengan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Banjar yang dipimpin oleh Bupati Sultan H. Khairul Saleh dalam memperoleh Penghargaan Nasional tertinggi di bidang lingkungan yaitu Adipura Kencana dan tertib dalam tata kelola keuangan dengan predikat opini dari BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2014. Kesuksesan yang luar biasa ini tentu tak lepas dari komitmen Bupati selaku kepala daerah yang selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan ketaatan hukum dalam membuat kebijakan-kebijakan strategis khususnya di bidang tata kelola lingkungan dan keuangan. Selain kedua prestasi tersebut, masih banyak penghargaan lain yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Banjar selama kepemimpinan Sultan H. Khairul Saleh. 

Sungguh alasan tepat apabila rombongan Pemerintah Kabupaten Kotim yang dipimpin langsung oleh Bupati Kotim H. Supian Hadi, S.IKom melakukan kunjungannya ke Pemkab Banjar. Kabupaten Kotim adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah dengan ibu kota kabupaten ini terletak di Sampit. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 16.496 km² dengan topografi yang bervariasi, pada ketinggian antara 0-60 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar merupakan dataran rendah yang meliputi bagian selatan sampai bagian tengah memanjang dari timur ke barat, sedangkan bagian utara merupakan dataran tinggi yang berbukit. 

Dari sekian pejabat yang mendampingi Bupati Kotim, tak terkecuali Inspektur Kabupaten Kotim Otter, SH. Mengisi kesempatan kunjungan studi bandingnya, Inspektur Kotim menyempatkan untuk bertandang ke Inspektorat Kabupaten Banjar dalam mendalami sistem dan prosedur pengawasan dan diterima langsung oleh inspektur Kabupaten Banjar. Disampaikan oleh Inspektur bahwa sesuai renstra Inspektorat kabupaten Banjar, pencapaian target opini WTP atas laporan keuangan dan penilaian baik untuk akuntabilitas kinerja Pemkab Banjar adalah menjadi Indikator Kinerja Tujuan Inspektorat Kabupaten Banjar.

Indikator tersebut diuraikan kembali dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) melalui program dan kegiatan untuk mencapainya. Dalam pengelolaan keuangan, peran Inspektorat bukan sekedar melakukan reviu atas LKPD, tetapi di proses perencanaanpun juga terlibat melalui reviu Rencana kegiatan dan Anggaran SKPD. Diharapkan WTP yang diperoleh oleh Pemkab Banjar bukan sekedar kesesuaian atas penyajian akuntansi tetapi juga memenuhi prinsip-prinsip efektif,efisien dan ekonomis.

Dalam kesempatan tersebut, Inspektur menyerahkan template penilaian akuntabilitas kinerja pemerintah kepada Inspektur Kotim yang sedang merencanakan pelaksanaan evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (e-SAKIP) di Kabupaten Kotim. Selama ini Inspektorat Kabupaten Kotim belum pernah melakukan e-SAKIP secara mandiri.