SIP INSPEKTORAT BANJAR

 photo SIP.gif Menurut John F. Nash, yang dimaksud dengan Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat. Sedangkan Henry Lucas mendefinisikan pengertian sistem informasi sebagai kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam. 

Sementara itu definisi pengawasan yang tercantum dalam Peraturan Bupati Banjar Nomor 18 Tahun 2014 tentang Perubahan Peraturan Bupati Banjar Nomor 52 Tahun 2013 tentang Sistem dan Prosedur Pengawasan Atas Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Banjar adalah proses kegiatan pemeriksaan, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya yang ditujukan untuk menjamin agar Pemerintahan Daerah berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Sistem Informasi Pengawasan (SIP) adalah sebuah sistem yang terdiri dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan dari hasil pengawasan, dan juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data). Untuk meningkatkan kinerja Inspektorat Kabupaten Banjar dalam melaksanakan fungsinya kedepan, maka pemanfaatan SIP adalh sebuah keharusan. Demikian penyampaian Inspektur untuk mengawali ekspose SIP yang disampaikan oleh Kencanawati S.Hut, MT bersama timnya Aldi dan Solichin. 

Tidak seperti SIMHP yang dikembangkan oleh BPKP, SIP yang dibangun Inspektorat Kabupaten Banjar saat ini memang perlu pengembangan karena masih menggunakan basis dekstop yaitu aplikasi yang pengoperasiannya langsung pada pada komputer yang sudah di install SIP tanpa menggunakan browser. Namun demikian, sebagai cikal bakal SIP Inspektorat Kabupaten Banjar, proses bisnis dari SIP tersebut sudah mengakomodasi Standar operasional prosedur pengawasan yang ditetapkan di lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar. Tentu ini merupakan langkah awal mengenalkan sistem informasi di kalangan aparat pengawas 

Kedepan, SIP Inspektorat Kabupaten Banjar akan dibangun menggunakan web-based yang beroperasi menggunakan basis teknologi web (internet) atau browser sehingga tidak banyak memerlukan program yang akan diinstal di sisi komputer pengguna. SIP berbasis web-based dapat dijalankan di system operasi manapun seperti linux, windows selama memiliki browser dan akses internet.