INSPEKSI WABUP

 photo INSPEKSI WABUP.gif
Berdasarkan undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa sebuah Pemerintah Daerah memiliki seorang Kepala Daerah yang dibantu oleh seorang Wakil Kepala Daerah. Kepala Daerah untuk Provinsi disebut Gubernur, Kepala Daerah untuk Kabupaten disebut dengan Bupati, dan Kepala Daerah untuk Kota disebut Walikota. Masa Jabatan Kepala daerah selama 5 (lima) tahun terhitung sejak pelantikan dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. Dua tugas penting Wakil Kepala Daerah yang diamanatkan UU 23 Tahun 2014 pasal 66 ayat (1) adalah membantu Kepala Daerah untuk mengoordinasikan kegiatan Perangkat Daerah dan menindaklanjuti laporan dan/atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan serta memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah.
 
Demi mengemban tugas tersebut, maka pada hari selasa tangga 17 Maret 2015 jam 07.30, Wakil Bupati (Wabup) Banjar Dr. H. Fauzan Saleh melakukan inspeksi atas penyelenggaraan apel kerja pagi di Inspektorat Kabupaten Banjar. Tujuan inspeksi ini adalah untuk mengukur tingkat kedisiplinan pegawai Inspektorat selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah di Lingkup Kabupaten Banjar. 

Dalam pengarahan apel, Wabup Banjar mengapresiasi tingkat kedisiplinan para pegawai Inspektorat dalam mematuhi ketentuan jam kerja yang diukur dengan sistem presensi sidik jari. Sebagai aparat pengawas, kondisi tersebut harus terus dipertahankan agar dapat menjadi contoh bagi satuan perangkat kerja yang lain. Selain itu, Dr. H. Fauzan Saleh juga mengucapkan banyak terimakasih atas kinerja Inspektorat dalam membantu mengawal penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Banjar sampai ke tingkat desa. 

Usai memimpin apel kerja, Wabup pun menyempatkan diri untuk meninjau ruang kerja staf Inspektorat Kabupaten Banjar baik yang berada di dalam gedung maupun yang di Ruang Kerja Terbuka Hijau (RKTH). Wabup sangat terkesan dengan konsep RKTH yang dalam operasionalnya tidak membutuhkan banyak energi listrik, hal ini tentu akan mengurangi biaya listrik yang harus dibayar. Apalagi ternyata konsumsi energi listrik yang digunakan pada RKTH bersumber pada solar cell. 

Mengakhiri kegiatan inspeksi, Wabup Banjar Dr. Fauzan Saleh melakukan ramah tamah sekaligus memberikan pengarahan pada para Inspektur Pembantu Wilayah (Irbanwil) di dampingi oleh Inspektur Kabupaten Banjar. Wabup meminta agar inspektorat tetap menjaga kinerja dan terus menyampaikan hasil pengawasannya kepada Wabup dalam rangka menunjang tugas wakil kepala daerah di bidang pengawasan.