PANGRIPTA KABUPATEN BANJAR

 photo PANGRIPTA KABUPATEN.gifUntuk melaksanakan siklus perencanaan pembangunan seperti diamanatkan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, maka BAPPEDA Kabupaten Banjar menyelenggarakan Musrenbang Tahun 2015 Tingkat Kabupaten dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2016 pada hari kamis tanggal 12 Maret 2015. Adapun tema yang diangkat adalah Melanjutkan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Sumberdaya Manusia Guna Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Tema ini sangat relevan mengingat pertumbuhan ekonomi dan sumberdaya manusia selama kepemimpinan Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh memiliki tren yang meningkat sehingga tahun-tahun kedepan harus tetap harus dilanjutkan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar khususnya dan Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya.

Didahului dengan penampilan kesenian daerah dan film kemajuan Kabupaten Banjar, pembukaan musrenbang dilakukan oleh Bupati Sultan H. Khairul Saleh yang terkenal dengan segudang prestasi penghargaan dan bahkan diantaranya diperoleh sebagai penghargaan satu-satunya seperti ADIPURA KENCANA sebagai penghargaan tertinggi dibidang lingkungan satu satunya di wilayah Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur, adalagi prestasi bidang Kepemimpinan dalam penanggulangan Bencana yang merupakan penghargaan satu-satunya untuk Kabupaten yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla pada hari Selasa tanggal 10 Maret 2015. 

Dalam sambutan pembukaan musrenbang, Bupati Khairul Saleh tidak banyak menyampaikan keberhasilan yang telah dicapai, bahkan dengan segala kerendahan hati beliau menyampaikan banyak permintaan maaf karena selama kepemimpinan beliau tidak dapat memenuhi keinginan semua pihak. Meskipun tangan dingin Sultan mampu melipatkan gandakan APBD pemerintah Kabupaten Banjar, namun luas wilayah dan jumlah penduduk yang cukup besar tidak mungkin tercukupi semuanya. Oleh karena itu setiap tahun selalu dibuat program-program prioritas berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) dalam RPJMD Kabupaten Banjar. Dan hasilnya, target-target dalam IKU tersebut dapat dipenuhi selama dua periode kepemimpinan Sultan. 

Di kesempatan tersebut, Sultan H. Khairul Saleh juga memberikan penghargaan Pangripta Kabupaten kepada dua SKPD yaitu Inspektorat Kabupaten Banjar dan Dinas Bimamarga dan Sumber daya Air Kabupaten Banjar. Pangripta dalam bahasa Sansekerta memiliki arti pencipta atau penggarap ruang. Penghargaan Pangripta Kabupaten adalah suatu penghargaan yang diberikan kepada SKPD lingkup Kabupaten Banjar dengan prestasi perencanaan yang baik atau sangat baik yaitu : a). Konsisten substansi perencanaan RPJMD/RKPD-RENSTRA/RENJA dan kebijakan Afirmatif Bupati Banjar b). Sinkronisasi dan sinerji multipihak sehingga diyakini pada saat perencanaan dan pada saat pelaksanaan akan berjalan baik, c). Jadwal dan pentahapan serta sesuai/taat aturan. 

Adapun tujuan dari pemberian penghargaan Pangripta Kabupaten kepada SKPD adalah untuk menyiapkan dukumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu. Penilaian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat bagi masing-masing daerah untuk meningkatkan mutu dokumen rencana pembangunan. Selain itu, pemberian penghargaan ini juga dapat memperkuat kerjasama dan kemitraan dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih bermutu.