EVALUASI PELAYANAN PUSKESMAS

 photo PUSKESMAS PARAMASAN_zps9kcxaw68.gifPembentukan Kecamatan Paramasan oleh Pemerintah Kabupaten Banjar selain dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan administrasi juga untuk mempermudah akses masyarakat Paramasan di bidang kesehatan. Oleh karena itu, selain membangun kantor kecamatan, Pemerintah Kabupaten Banjar juga mendirikan Pusat Kesehatan Masyarakat atau PUSKESMAS Kecamatan Paramasan. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 menyebutkan bahwa yang dimaksud Pusat Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disebut Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif,untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. 

Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat; mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu; hidup dalam lingkungan sehat; dan memiliki derajat kesehatan yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas sebagaimana dimaksud untuk mendukung terwujudnya kecamatan sehat.

Pelayanan yang diselenggarakan oleh Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan meliputi pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif baik melalui upaya kesehatan perorangan (UKP) atau upaya kesehatan masyarakat (UKM). UKP adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan. Sedangkan UKM adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat. 

Dalam Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas termasuk dalam Pelayanan Jasa Publik sehingga dalam penyelenggaraannya diperlukan peran pengawas. Oleh karena itu, Inspektur Kabupaten Banjar menugaskan Irban Wilayah III Drs. H. Sirajuddin beserta tim selaku pembina wilayah Paramasan untuk melakukan pengawasan atas aspek sumber daya aparatur, keuangan, aset serta tugas dan fungsi khususnya di bidang pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Paramasan. 

Pengawasan terhadap pelayanan kesehatan ini menjadi penting untuk memastikan bahwa layanan publik yang diselenggarakan Puskesmas Paramasan telah cukup berkualitas sesuai standar layanan yang ditetapkan dengan memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan sesuai dengan SOP, visi, misi, tujuan dan target-target instansi serta memastikan sistem penggunaan anggaran telah melalui sistem pengendalian internal yang memadai dan adanya ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga prinsip akuntabilitas terpenuhi.