WORKSHOP LHKASN ONLINE

 photo WORKSHOP LHKASN_zpsv4wrvwbz.gifInspektorat Kabupaten Banjar selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) diberikan tugas diantaranya adalah memonitor kepatuhan penyampaian LHKASN kepada Pimpinan oleh wajib lapor dan menyampaikan laporan pada setiap akhir tahun mengenai pelaksanaan tugas kepada Pimpinan Instansi dengan memberikan tembusan kepada Menteri PAN dan RB. Pada periode pertama ini, batas waktu penyampaian LHKASN selambat-lambatnya pada 30 Juni 2015 dan kepatuhan atas penyampaian LHKASN akan menjadi kriteria dalam penilaian Zona Integritas dan Indeks RB. 

Untuk memenuhi kewajiban tersebut, maka Inspektur Kabupaten Banjar menggelar workshop pengisian LHKASN online kepada seluruh pejabat wajib LHKASN di tingkat Eselon III dan IV lingkup pemerintah Kabupaten Banjar selama tiga hari dari tanggal 1, 3-4 Juni 2015. Pentahapan workshop tersebut dilakukan mengingat jumlah pejabat wajib LHKASN Kabupaten Banjar yang telah diinput dalam Sistem Informasi Harta Kekayaan ASN (SIHARKA) mencapai 871 orang dari 67 unit kerja. Untuk efektifitas kegiatan workshop, maka pembagian waktu dilakukan berdasarkan unit kerja. 

Untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan tersebut, inspektur mengoptimalkan narasumer dari lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar sendiri yang terdiri para pejabat struktural dan fungsional tertentu yaitu selain inspektur juga sekretaris Inspektorat Kencana Wati, Shut, ME, Drs. H. Sakarani Arif, Drs. H. Irwan Kumar M.AP, Drs. H. Sirajudin, MPd selaku Irban I, Irban II dan Irban III, Rahmadi SST selaku Kasubag Program, Kasmini, SE, Diana Hakimah, ST, MSi selaku Pejabat Pengawas, Indriana, SE, MSi, Wiwin Setyowati, SE selaku auditor dan Siswati Oktia Hariani, SE. Dalam kesempatan tersebut, 

Dalam pengantarnya, Inspektur menyampaikan bahwa dengan terbitnya SE Men PAN dan RB Nomor 1 Tahun 2015 maka menjadi kewajiban bagi pejabat Eselon III dan IV untuk menyampaikan LHKASN nya kepada pimpinan melalui koordinasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banjar. Sanksi atas tidak dipenuhinya kewajiban tersebut maka dilakukan peninjauan kembali (penundaan/pembatalan) pengangkatan wajib lapor LHKASN dalam jabatan struktural/fungsional. Oleh karena itu diminta semua pejabat wajib LHKASN untuk memenuhi kewajiban tersebut melalui pengisian LHKASN online yang bisa diakses dari SIHARKA Kemen PAN dan RB ataupun web Inspektorat Kabupaten Banjar di www.inspektorat.banjarkab.go.id. 

Untuk menghindari keterlambatan penyampaian LHKASN, maka batas pelaporan LHKASN online sudah harus dikirim ke inspektorat Kabupaten Banjar paling lambat tanggal 15 Juni 2015. Selanjutnya, Inspektorat sesuai tugas yang tercantum dalam SE Men PAN dan RB nomor 1 Tahun 2015 akan mrlakukan verifikasi atas kewajaran LHKASN, melakukan klarifikasi kepada wajib lapor jika verifikasi yang dilakukan mengindikasikan adanya ketidakwajaran.