MEDIA PEDULI LINGKUNGAN

 photo MEDIA PEDULI LINGKUNGAN_zps7hxxymha.gifKehidupan manusia tidak terlepas dari lingkungan yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik lingkungan biotik (hidup) maupun lingkungan abiotik (tak hidup). Berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Sedangkan lingkungan biotik adalah semua benda mati secara fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat yang bermanfaat dan berpengaruh dalam kehidupan manusia serta mahluk hidup. Beberapa contoh komponen abiotik adalah air, udara, cahaya matahari, tanah, topografi, dan iklim. 

Setiap lingkungan memiliki komponen biotik dan abiotik dalam diri mereka. Organisme biotik bergantung pada berbagai zat abiotik untuk dapat bertahan hidup. Seperti air, udara, matahari dan tanah yang tidak hidup, tetapi banyak membantu menjaga kebanyakan organisme tetap hidup. Ini adalah komponen-komponen yang diperlukan untuk sebagian besar organisme untuk tetap hidup.  Untuk mejaga keharmonisan lingkungan tersebut, maka diperlukan kepedulian setiap individu untuk menjaga keseimbangan lingkungannya demi untuk kelangsungan hidup saat ini dan masa yang akan datang. 

Kepedulian lingkungan dapat diwujudkan dengan sikap mendukung atau memihak terhadap lingkungan, melalui aksi-aksi yang dapat meningkatkan dan memelihara kualitas lingkungan dalam setiap perilaku yang berhubungan dengan lingkungan. Kepedulian lingkungan dilakukan dengan fokus perhatian terhadap suatu tempat dimana suatu makhluk hidup itu tumbuh yang meliputi unsur unsur penting seperti tanah, air, udara dan matahari, yang mana memiliki arti penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup. 

Atas hal tersebut, para wartawan peduli lingkungan dari media cetak, suara maupun gambar di Kalimantan Selatan berkesempatan melihat pengelolaan lingkungan di Inspektorat Kabupaten Banjar. Kedatangan para pemburu berita ini diterima dan mendapat penjelasan langsung dari Inspektur tentang program peduli lingkungan yang menjadi kebijakan di Kantor Inspektorat Kabupaten Banjar. 

Implementasi kepedulian Inspektorat terhadap lingkungan yang mencakup lingkungan hidup alami dengan menjaga dan memperkaya vegetasi untuk memperkaya produksi oksigen dalam udara dan memperluas infiltrasi air ke dalam tanah dengan penggunaan grassblock untuk perkerasan serta lingkungan hidup binaan dengan mengembangkan konsep ruang kerja hijau yang menggunakan listrik dari energi sinar matahari (solar cell), demikian penjelasan inspektur.