EVALUASI DAN RENCANA KEGIATAN SABER PUNGLI

Bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Banjar, Kamis 28 Desember 2017, dilaksanakan Raoat Koordinasi Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Banjar. Rapat yang dipimpin oleh Wakapolres Banjar selaku Ketua UPP juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar dan seluruh anggota UPP Kabupaten Banjar.
Rapat Koordinasi membahas mengenai evaluasi tahun 2017 dan rencana kegiatan tahun 2018. Wakapolres menyampaikan bahwa berdasarkan instruksi dari Kapolri, sosialisasi tentang pemberantasan pungutan liar diharapkan dilaksanakan sampai ke tingkat desa, khususnya terkait dengan pengelolaan dana desa. Beliau juga menyatakan bahwa pemberantasan pungutan liar menjadi pintu gerbang bagi pemberantasan tindak pidana korupsi.

Pada kesempatan itu juga, Inspektur Kabupaten Banjar selaku Wakil ketua UPP menyampaikan laporan kegiatan UPP sepanjang tahun 2017. Beliau juga mengharapkan masukan dari masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) terkait dengan rencana kegiatan tahun 2018 yang difokuskan pada sosialisasi dalam rangka pencegahan pungutan liar.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi pemberantasan korupsi diutamakan menggunakan cara-cara preventif dan cara represif dijadikan sebagai upaya terakhir.

Pokja Pencegahan yang diwakili oleh Kasatbinmas Polres Banjar menyampaikan bahwa pertanyaan yang banyak dikemukakan adalah mengenai jenis-jenis dan kategori pungutan liar. Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugasnya juga menyampaikan mengenai pencegahan pungutan liar. Pengelolaan dana desa juga diharapkan lebih intensif pengawalannya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan keuangan.

Pada kesempatan itu juga disepakati agar UPP Kabupaten Banjar memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan.