PELANTIKAN JABATAN FUNGSIONAL AUDITOR KEPEGAWAIAN

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 40 Tahun 2012 Tentang Jabatan Fungsional Auditor Kepegawaian dan Angka Kreditnya, dalam rangka pengembangan karier dan peningkatan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil yang menjalankan tugas pengawasan dan pengendalian pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian, dibentuk Jabatan Fungsional Auditor Kepegawaian. 

Auditor Kepegawaian merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggungjawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pengawasan dan pengendalian kepegawaian (wasdalpeg) yang meliputi seluruh proses kegiatan memeriksa, mengevaluasi, memantau dan melakukan tindakan korektif terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian yang dilakukan secara reguler, reviu dan investigasi. Auditor Kepegawaian yang berada dibawah binaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) berwenang untuk :
  1. meminta keterangan atau dokumen/bahan/data serta informasi dari pejabat yang berwenang;
  2. menetapkan jenis keterangan atau dokumen/bahan/data serta informasi yang diperlukan dalam wasdalpeg;
  3. mengamankan dokumen/bahan/data yang terkait dengan obyek wasdalpeg;
  4. memeriksa dan meneliti secara fisik setiap keterangan atau dokumen/bahan/data yang berada dalam pengadministrasian kepegawaian; dan
  5. melaksanakan kewenangan lain yang diberikan oleh pejabat yang berwenang dalam lingkup wasdalpeg.
Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 40 Tahun 2012 Tentang Jabatan Fungsional Auditor Kepegawaian dan Angka Kreditnya, Pejabat yang berwenang mengangkat dalam Jabatan Auditor Kepegawaian adalah Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Persyaratan untuk diangkat dalam Jabatan Auditor Kepegawaian adalah berijazah paling rendah sarjana (S1)/Diploma IV bidang manajemen, hukum, administrasi dan sosial politik; pangkat terendah penata muda golongan ruang III/a; serta nilai prestasi kerja paling kurang bernilai baik dalam 1 (satu) tahun terakhir.

Menindaklanjuti ketentuan-ketentuan tersebut di atas, pada 11 Desember 2017 bertempat di ruang kerja Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar dilaksanakan Pelantikan Wahyu Try Kusuma, SH sebagai Auditor Kepegawaian Pertama oleh Sekretaris Daerah Daerah Kabupaten Banjar Ir.H.Nasrun Syah, MP. Kegiatan pelantikan tersebut dilaksanakan setelah terpenuhinya seluruh syarat pengangkatan sebagai Auditor Kepegawaian Pertama yang ditugaskan pada Inspektorat Kabupaten Banjar.

Hadir pada Kesempatan tersebut, Inspektur Kabupaten Banjar H. Muhammad Rusdi, ST, MT, Kepala BKDPSDM Kabupaten Banjar DR. Drs. Made Teruna,M.Si,  Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar Ir.H.Wildan Amin, MM serta para Pejabat lainnya.