RAPAT KOORDINASI UNIT PEMBERANTASAN PUNGLI

Bertempat di Aula Tribrata Polres Banjar, Senin 11 Desember 2017 dilaksanakan Rapat Koordinasi Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Kabupaten Banjar. Rapat Koordinasi dilaksanakan dalam rangka evaluasi dan koordinasi pelaksanaan tugas UPP selanjutnya.
Rapat Koordinasi dipimpin oleh Inspektur Kabupaten Banjar selaku Wakil Ketua I dan didampingi Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar serta dihadiri oleh seluruh anggota UPP Kabupaten Banjar.

Pada sambutannya, Inspektur Kabupaten Banjar menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi dilaksanakan dalam rangka evaluasi kegiatan UPP selama Tahun 2017. Terkait dengan penganggaran, anggaran kegiatan UPP baru di anggarkan pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2017. Sementara itu juga disampaikan bahwa Sekretariat UPP tetap berada di Kantor Polres Banjar. 

Pada kesempatan itu juga disampaikan kegiatan-kegiatan dari masing masing kelompok kerja (pokja), khususnya mengenai perkara-perkara yang saat ini dalam proses hukum dan kegiatan sosialisasi sebagai wujud pencegahan mengenai pungutan liar. Sedangkan untuk Tahun 2018, disampaikan bahwa perlu dilakukan penyesuaian dalam struktur organisasi UPP Kabupaten Banjar serta pentingnya penyelarasan SOP antar instansi mengingat anggota UPP memiliki SOP masing-masing dalam pelaksanaan tugasnya.

UPP Kabupaten Banjar dikukuhkan oleh Bupati Banjar H. Khalilurrahman pada 12 Januari 2017. UPP Kabupaten Banjar dipimpin oleh Wakil Kepala Polres Banjar dengan keanggotaan dari Unsur Pemerintah Kabupaten Banjar, Polres Banjar, Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar serta Kodim 1006 Martapura. Pembentukan Satgas ini berdasarkan perintah Presiden Joko Widodo lewat Perpres No 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.