PENINGKATAN NILAI SAKIP KECAMATAN

Bertempat di Aula Bauntung Beppelitbang, Selasa 31 Juli 2018 dilaksanakan sosialisasi mengenai penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk seluruh Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar. Sosialisasi dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada Pemerintah Kecamatan untuk meningkatkan nilai SAKIP pada Pemerintah Kecamatan. 

Acara sosialisasi yang dibuka oleh Asisten Administrasi, Ir. H. Wildan Amin, MM dihadiri oleh unsur dari Bagian Organisasi Setda Banjar, Bappelitbang Kabupaten Banjar dan Inspektorat Kabupaten Banjar serta seluruh perwakilan dari Pemerintah Kecamatan lingkup Kabupaten Banjar.

Dalam paparannya, Inspektorat Kabupaten Banjar yang disampaikan oleh Diana Hakimah  dan Maria Ulfah menyampaikan bahwa SAKIP merupakan kebijakan untuk penerapan sistem pertanggungjawaban yang jelas dan teratur dan efektif. Sistem manajemen pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome). Paradigma orientasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah berubah dari berapa besar dana yang telah dan akan dihabiskan menjadi berapa besar pencapaian kinerja (output/outcome) yang dihasilkan. 

Penguatan akuntabilitas kinerja organisasi dilakukan melalui peningkatan efektivitas penerapan SAKIP dan perbaikan sistem pengukuran kinerja individu pegawai melalui evaluasi akuntabilitas kinerja. Evaluasi SAKIP dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai implementasi SAKIP, menilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kinerja dan peningkatan akuntabilitas instansi pemerintah serta memonitor tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi sebelumnya. Evaluasi SAKIP dilakukan terhadap aspek perencanaan kinerja (dengan bobot 30%), pengukuran kinerja (25%), pelaporan kinerja (15%), evaluasi internal (10%) dan capaian kinerja (20%).

Hasil evaluasi SAKIP dikategorikan kedalam 7 (tujuh) kategori yaitu Kategori AA dengan predikat sangat memuaskan (dengan nilai >90 - 100), Kategori A (memuaskan, nilai >80-90), Kategori BB (sangat baik, >70-80), Kategori B (baik, >60-70), Kategori CC (cukup/memadai, >50-60), Kategori C (kurang, >30-50) dan Kategori D (sangat kurang, 0-30).

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta sosialiasi mengenai tata cara penilaian SAKIP dan dokumen-dokumen yang diperlukan dan disiapkan dalam pelaksanaan evaluasi SAKIP. (mn80)