GALERI

PhotobucketKEBERSAMAAN, kebersamaan dan kebersamaan itulah yang selalu dibangun di lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar. Melalui sebuah kegiatan pesta kebun di halaman belakang kantor yang diikuti oleh APIP dan keluarga diharapkan semakin meningkatkan tali silaturahim sehingga mampu mendorong terjalinnya kerjasama yang baik dari seluruh jajaran APIP dari pimpinan sampai petugas jaga dan kebersihan dalam menyelesaikan tugas-tugas kedepan yang semakin berat



  Photobucket
PAKTA INTEGRITAS : Menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi serta Peraturan Men PAN dan RB tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah daerah yang mengamanatkan kepada seluruh PNS untuk menandatangani dokumen PaktaIntegritas (PI), maka pada hari Rabu tanggal 28 Maret 2011 telah dilakukan penandatangan PI oleh seluruh APIP di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar. Bagi APIP penandatanganan PI ini tidaklah asing, karena penerapan penandatanganan PI di lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar sudah dilakukan sejak tahun 2010


Photobucket
MANAJEMEN PINTU TERBUKA. Memasuki pintu masuk terbaca ABS (Area Bebas Suap) yang artinya di Inspektorat Kabupaten Banjar tidak boleh ada suap. Tak seperti di instansi umumnya, di kantor ini tak akan ditemui pintu ruangan yang tertutup, baik itu ruang inspektur, sekretaris, irban maupun auditor. Kebijakan ini bukan tidak ada maksudnya, selain menghilangkan sekat struktural juga dimaksudkan untuk membuktikan bahwa tidak ada rahasia dalam manajemen. Semua pegawai dapat mengetahui siapa dan apa yang dilakukan inspektur, atau sekretaris atau irban atau auditor dengan para tamunya. Tak ada yang disembunyikan, dan inilah salah satu pendorong penegakan integritas dan salah satu wujud pelaksanaan ABS .



RAPAT STAF : Untuk lebih meningkatkan kapasitas APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar, maka dilakukan kegiatan pembelajaran baik dilakukan secara mandiri, best pratice dengan studi banding maupun pengiriman diklat tenaga auditor ke Pusat Pendidikan Jabatan Fungsional BPKP di Ciawi.Kegiatan pembelajaran secara mandiri dilakukan melalui Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) dengan narasumber dari instansi yang berkompeten, ekspos hasil pengawasan, ekspos materi Diklat yang diikuti oleh APIP dan media rapat staf yang secara rutin dilaksanakan setiap hari Selasa.

Dalam rapat staf, selain disampaikan evaluasi mingguan atas kegiatan APIP juga disampaikan informasi baru tentang peraturan perundang-undangan, penyamaan persepsi atas sebuah peraturan, kebijakan organisasi , masalah masalah yang ditemui selama melaksanakan tugas pemeriksaan serta untuk membangun kebersamaan dan integritas.


Photobucket
PKS : Berdasarkan SOP, Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan dari APIP di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Banjar. PKS selain diselenggarakan dengan narasumber yang berkompeten, tetapi juga dari narasumber para APIP sendiri yang baru mengikuti Bimbingan Teknis maupun Diklat. Dengan menyampaikan kembali ilmu yang didapat dari Bimtek/diklat, maka akan terjadi transfer pengetahuan ke APIP yang lain.


Photobucket
EKSPOSE : Untuk menghindari risiko hasil pemeriksaan yang tidak tepat waktu dan mutu, maka dalam SOP telah ditetapkan bahwa paling lama 7 (tujuh) hari setelah diserahkannya P2HP (Pokok-Pokok Hasil Pemeriksaan), maka tim pemeriksa harus melakukan ekspose. Didalam ekspose, hasil pemeriksaan diuji untuk mengetahui kedalaman atas pengungkapan kondisi dan penyebab, penetapan kriteria, tanggapan obrik dan rekomendasi yang akan diberikan. 


Photobucket
KARYA ILMIAH : Menjadi kewajiban bagi paraauditor untuk selalu mengembangkan pengetahuan dan ketrampilanya. Membuat karya ilmiah merupakan salah satu media pengembangan dan nantinya dapat diajukan untuk memperoleh angka kredit. Namun demikian, karya ilmiah tersebut sebelumnya harus di sampaikan dan diuji dihadapan tim penguji karya ilmiah yang terdiri dari sekretaris, para inspektur wilayah, koordinator auditor dan anggota auditor yang ditunjuk.


Photobucket
SUMBER INFORMASI. Dalam rangka untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Banjar, utusan Kedutaan Besar Australia yang dipimpin Ms. Carol Ann berkunjung ke Inspektorat Kabupaten Banjar. Informasi yang ingin di dapatkan tentunya berkaitan dengan sistem pengawasan inspektorat atas pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan. Informasi tersebut sangat penting sebagai pertimbangan Kedubes Australia dalam menetukan mekanisme penyaluran dana bantuan (AUSAID) yang mencapai 5 triliun.


Photobucket
BEST PRACTICE : Pengalaman adalah guru yang terbaik, setidaknya itulah yang ingin diambil Inspektorat Kabupaten Banjar sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kapabilitas aparatnya. Dengan mengirim tim-tim kecil ke berbagai instansi baik di dalam daerah maupun luar daerah diharapkan dapat diperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang pelaksanaan tugas. Tim-tim ini selanjutnya akan melakukan ekspose atas hasil pembelajarannya kepada rekan-rekan lainnya di kantor.


Photobucket
APEL : Dalam rangka penegakan disiplin APIP, indikator sederhana yang dapat dinilai adalah kehadiran dalam apel pagi dan siang. Disiplin mengikuti apel pagi dan siang tidak serta merta akan meningkatkan kinerja, untuk itu dalam apel pun dilakukan doa bersama untuk memohon kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa agar dalam melaksanakan tugas selalu mendapat perlindungan dan kekuatan. Karena hanya kepada-Nya lah kita menyembah dan hanya kepada-Nya meminta pertolongan. Bekerja dengan ke-ikhlas-an.


Photobucket
GOTONG ROYONG : Kebersamaan dapat dibangun melalui kegiatan outdoor seperti gotong royong. Selain itu, kegiatan tersebut juga dalam rangka mendukung Pemerintah Kabupaten Banjar untuk memperoleh ADIPURA. Gotong royong melalui kegiatan bersih-bersih merupakan bentuk kepedulian APIP Inspektorat Kabupaten terhadap lingkungannya.


Photobucket
SENAM : Untuk menjaga kesegaran jasmani agar selalu siap kapanpun untuk melaksanakan tugas, maka setiap hari Jumat para APIP di Inspektorat Kabupaten Banjar melakukan senam kesegaran. Meski dengan napas senin kamis, tetapi karena diikuti dengan canda tawa membuat rasa cape jadi tidak terasa.



STUDI TOUR : Lelah dan jenuh setelah setahun  bekerja, perlu penyegaran. Melalui kegiatan studi tour dengan biaya sendiri, diperoleh banyak hal diantaranya otak menjadi segar dan siap menerima ilmu baru untuk mendukung tugas, pengalaman serta merekatkan tali 
silaturahim seluruh karyawan.