Berita

Pemkab Banjar Ikuti Evaluasi Implementasi SAKIP KemenPAN RB

MARTAPURA,-  Secara umum implementasi SAKIP di Kabupaten Banjar terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tahun 2017 nilai SAKIP 62,62 kemudian naik ditahun 2018 menjadi 68,61, naik sedikit ditahun 2019 dengan nilai 68,70 dan 68,97 ditahun 2020. Hal ini di ungkapkan oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur didampingi Sekda Banjar H. M Hilman, saat memberikan kata sambutannya, pada kegiatan Evaluasi Implementasi SAKIP tahun 2021 dengan tim evaluator dari Kemenpan RB, secara virtual dan di ikuti para kepala SKPD Kabupaten Banjar, di Command Center Manis, Kamis (02/09) siang.

Ditambahkannya, Dalam rangka meningkatkan implementasi SAKIP tersebut, pihaknya sudah melakukan beberapa hal, diantaranya, perubahan RPJMD yang ditetapkan dengan Perda nomor 13 tahun 2018 dan perubahan RENSTRA SKPD dengan Perbup nomor 19 tahun 2019 yang di ikuti perbaikan indikator kinerja. Melakukan verifikasi usulan Renja perangkat daerah dan verifikasi Pra Rencana Kerja Anggaran berupa Desk antara tim anggaran dengan SKPD, dengan acuan capaian kinerja. Melakukan evaluasi kinerja SKPD, Pemantauan manajemen kinerja dengan aplikasi SIPD dan SIMONDALEV.

Selain itu, APIP melakukan penilaian akuntabilitas kinerja internal disertai dengan pembinaan, Diterbitkannnya surat instruksi Bupati Banjar tentang percepatan tindak lanjut hasil evalkuasi atas akuntabilitas, serta penghargaan kepada SKPD dengan nilai Sakip tertinggi.

“ Kami sangat mengharapkan bimbingan dari Kemenpan RB agar nilai SAKIP Kabupaten Banjar bisa lebih baik dan meningkat secara keseluruhan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Banjar Kencana Wati menyampaikan, dari 54 OPD termasuk 20 kecamatan telah dilakukan evaluasi oleh pihaknya. Sejauh ini sudah ada 9 instansi yang mendapatkan nilai A. Dirinya menyatakan siap untuk mengirimkan data-data terkait 9 instansi yang mendapatkan nilai A tersebut, seperti yang diminta oleh pihak Kemenpan RB.

Capaian kinerja yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Litbang Banjar Galuh Tantri Narindra pada evaluasi implementasi tersebut mendapat masukan dari perwakilan Kemenpan RB Ananda Juarsa dan mendapat respon dari Sekda Banjar H. M Hilman untuk segera menyusun kembali sesuai dengan arahan.