Puluhan BUMDes se-Kabupaten Banjar Ikuti Pelatihan Keterampilan Manajemen

k0bR4oj9lhhiCv8ISC2PJ6SpRcn1nur1QpvGTepU
Berita

Puluhan BUMDes se-Kabupaten Banjar Ikuti Pelatihan Keterampilan Manajemen

Martapura, InfoPublik – Kegiatan Pelatihan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Banjar yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Selasa 14-16 Maret 2023 ini dihadiri oleh Perwakilan 20 BUMDesa se-Kabupaten Banjar, di Hotel Delima, Rabu (15/3/2023).

Narasumber dari Inspektorat Daerah Kabupaten Banjar untuk memberikan materi mengenai pembinaan dan pengawasan BUM Desa kepada para peserta dihari kedua yang disampaikan oleh Yusna Gunani (Irban Wilayah I).

Dalam materinya Yusna Gunani menyampaikan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa menyatakan bahwa ruang lingkup pengawasan pengelolaan keuangan desa oleh APIP Daerah Kabupaten, salah satunya adalah Pemeriksaan Kinerja Pengelolaan Keuangan BUM Desa.

“ Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan slot88 BUM Desa adalah pemenuhan administrasi pendirian BUM Desa seperti Badan Hukum. Penyusunan program kerja dan melaksanakannya. Menyusun laporan pertanggungjawaban dan disampaikan dalam Musyawarah Desa,” ujar Yusna Gunani.

Dengan diadakannya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para pengurus BUM Desa dalam mengelola keuangan, tertib administrasi serta memperkuat manajemen operasional. (IP Kab. Banjar/Brigade Inspektorat)

bobatoto neototo bobatoto situs toto